Meringkas Jalur Pengapian Motor Vega ZR dan Jupiter Z NEW

David Sigalingging, S.Pd 2 min read
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara untuk meringkas kabel pengapian yang ada pada motor vega zr dan jupiter z new di mana pada kedua jenis motor tersebut mempunyai kesamaan CDI jadi untuk meringkas jalur kabel pengapian untuk kedua jenis motor tersebut saya jadikan satu pada artikel ini.

Jika para sahabat pembaca blog setia pribadi saya yang mempunyai salah satu dari kedua jenis motor tersebut yang saya sebutkan di atas tetapi kondisi motornya sudah tidak standar pabrikan atau sudah hancur semua body motornya dan tidak ingin membelikan body motor tersebut dan ingin meringkas kabel-kabelnya dengan cara membuang kabel kelistrikan contohnya seperti kabel-kabel untuk jalur lampu sein, lampu stop, klakson, jalur stater elektrik, dan juga jalur kabel kelistrikan yang menuju ke panel speedometer maka anda tepat sekali telah membaca artikel ini.

Di artikel ini saya akan menjelaskan cara meringkas kabel motor tersebut dan yang saya pakai hanyalah untuk jalur kabel pada pengapian dari motor tersebut mulai dari Spull, Aki, Kiprok, CDI, Kemudian koil, dan untuk jalur kelistrikan lainnya saya hilangkan dan yang tersisa hanyalah kelistrikan untuk lampu depan saja karena biasanya kalau di kampung ataupun di desa motor tersebut yang diringkas seperti ini hanya untuk digunakan pergi ke ladang ataupun mencari rumput untuk hewan peliharaannya, dan ditambahkan lampu depan jika mau keluar malam hari untuk pergi ke warung atau ketempat hiburan terdekat karena malas menggunakan motor yang masih bagus karena takut kotor atau hilang saat di parkir tanpa pengawasan yang punya motor tersebut.


Langkah awal yang harus anda lakukan adalah membersihkan dahulu kabel-kabel yang masih menempel pada sepeda motor tersebut, dan setelah semua kabel tidak ada kini saatnya untuk memulai perakitan kabel-kabelnya terserah anda mau menggunakan kabel lama atau menggunakan kabel baru, untuk saran saya lebih baik gunakan kabel yang baru saja dikarenakan kabel bawaan motor tersebut biasanya sudah rapuh dan juga jelek apalagi jika harus membongkar bungkus kabel body bawaannya juga repot pastinya juga akan terlihat jelek karena nantinya akan banyak menyambung kabel akibat kabel yang pendek, tetapi jika menggunakan kabel baru pilihlah kabel dengan kualitas yang bagus dan kuat jika kabel tersebut kualitasnya tidak bagus maka akan mudah putus atau rapuh, kabel body banyak dijual di toko sparepart mobil dan toko elektronik dan untuk meringkas pengapian motor dengan cara di atas tidak akan menghabiskan bermeter-meter kabel, belilah enam meter kabel dibagi tiga contohnya dua meter warna hijau, dua meter warna merah dan dua meternya lagi warna hitam, supaya lebih mudah untuk memasangnya atau mengingatnya jika suatu saat terjadi kerusakan pada kabel pengapian motor tersebut dikarenakan kita menggunakan tiga warna kabel.

Jika semua alat dan bahan sudah siap saatnya anda merakitnya terserah mau memulai dari mana kalau saya enaknya mulai dari bagian bawah yaitu pada bagian spull, kiprok, aki, cdi, kemudian koil, dan untuk jalur lampu depan saya belakangan, pastikan pemotongan soket pada kiprok dan juga CDI jangan terlalu pendek supaya tidak sulit saat menyambungkan kabelnya.

Untuk penjelasan dari skema gambar diatas untuk kabel warna HITAM itu adalah kabel negatif atau kabel massa, jadi sambungkan semua kabel massa dari kiprok, aki, cdi, menjadi satu dan kaitkan ke rangka atau mesin motor, untuk massa koil biasanya sudah menyatu pada besi yang ada lubang bautnya nantinya akan di kaitkan menggunakan dua buah baut ke rangka motor, untuk kabel warna PUTIH yang dari kiprok itu sambungkan ke kabel PUTIH yang ada pada spull motor, kabel warna KUNING pada kiprok sambungkan ke kabel KUNING yang ada pada spull motor dan sambungkan juga ke jalur lampu depan, kabel warna merah dari kiprok sambungkan ke kunci kontak dan aki motor, tetapi sebelum menuju ke aki motor sebaiknya di beri tambahan sekring supaya jika terjadi konsleting kabel-kabelnya aki tidak rusak karena ada sekring pengamannya.

Selanjutnya kabel Warna COKLAT yang dari kunci kontak sambungkan ke CDI itu adalah kabel arus positif untuk CDI, kabel warna ORANGE dari CDI sambungkan ke KOIL itu adalah output dari CDI yang menuju KOIL, kabel warna MERAH dari CDI itu adalah kabel negatif atau massa PULSER, dan kabel warna PUTIH dari CDI itu adalah kabel positif PULSER, letak pulser berada di dalam bak magnet motor, untuk kabel massa dari lampu depan bisa juga di kaitkan pada setang motor atau rangka motor pada bagian depan supaya tidak terlalu banyak menggunakan kabel jika kabel massa lampu di jadikan satu dengan massa kiprok,cdi, dan aki.

Cek ulang sambungan jalur kabel-kabelnya sebelum melakukan pengetesan untuk menghidupkan mesin motor, jika semua sudah benar seperti skema gambar saatnya coba hidupkan mesin motor tersebut, jika berhasil saatnya untuk menutup setiap sambungan kabel menggunakan isolasi, dan pastikan setiap sambungan kabel tidak ada yang kendor dan tersambung dengan kuat, kini saatnya merapikan kabel-kabel menggunakan kabel ties dan kaitkan ke rangka motor supaya tidak berantakan dan tentunya akan aman.
Post a Comment