Home  ›  ems  ›  Labtech

Gejala Sensor CKP Rusak - 8 Tanda Dan Ulasan


    Gejala sensor CKP gagal Gejala yang muncul pada sensor CKP gagal dapat menyebabkan mesin tidak berfungsi. Lantas apakah ini gejala sensor CKP akibat MIL tidak aktif akibat kerusakan sensor posisi crankshaft? 
     
     Bagian sensor ccp, umumnya dikenal sebagai sensor posisi poros engkol, adalah sensor pada mesin dengan mekanisme EFI (electronic fuel injection) yang bertanggung jawab untuk mengenali sudut poros engkol dan kecepatan putaran. Untuk poros engkol. 
     
     Data dari sensor ccp ini digunakan untuk berbagi kebutuhan yang terkait dengan mekanisme kontrol kerja mesin. Misalnya, menentukan kapan harus melakukan injeksi bahan bakar, kapan harus menyuntikkan dengan benar, dan kapan harus menyala. Setiap silinder harus ditandai dengan jelas (untuk mobil dengan mesin bensin). 
     
     Sensor ccp ini berisi sensor yang sangat penting untuk kelangsungan hidup mesin. Kerusakan pada sensor ckp sering menimbulkan masalah seperti macet dan berhenti hingga mobil sulit distarter. 
     
     Karena pentingnya hal ini, artikel ini menjelaskan gejala kegagalan sensor ccp mesin. Agar lebih jelas, berikut penjelasannya.

    Gejala Sensor CKP Rusak -  8 Tanda Dan Ulasan

    Adapun beberapa Gejala Sensor CKP Rusak

    1. Mesin mengkonsumsi boros bahan bakar

    Identitas sensor ckp rusak yang sangat dini Pak Galingging kenali ialah mesin jadi boros bahan bakar. Sebab sensor ckp tidak bisa memastikan status serta kecepatan pemutaran crankshaft ini membuat ECU tidak dapat tentukan berapa lamanya waktu injeksi bahan bakar dilaksanakan.

    Malahan pula buat sebagian keadaan, injektor masih menginjeksikan bahan bakar kala waktu penginjeksian sepatutnya usai. Keadaan berikut yang hendak menyebabkan mesin jadi boros bahan bakar.

    2. Putaran mesin Tidak Teratur

    Ciri kehancuran pada sensor CKP bisa dilihat dari kerja mesin mulai jadi tidak tertib, semacam berlangsungnya fluktuasi kecepatan, pemercepatan tidak tertib, fluktuasi Kala idle, serta terdapat banyak kembali. Apabila Kamu mulai memerhatikan banyak kejanggalan Kala mesin bekerja serta tidak tertib sebab itu sensor CKP mobil Kamu harus buat dibawa.

    3. Terjalin Silinder Misfiring

    Yang ketiga menimpa Identitas sensor CKP rusak ialah memunculkan kasus mesin, salah satunya ialah misfiring. Misfiring kerap kali timbul sebab kasus busi. Tetapi apabila sensor CKP rusak sebab itu ECU tidak mendapatkan kabar yang betul menimpa status piston. Biasanya orang tidak mengecek sensor langsung.

    Tetapi apabila Kamu telah membetulkan seluruh sisi yang lain menimpa kasus ini serta nyatanya terdapat kasus yang seragam alibi itu periksalah sensor CKP. Sebab perihal ini, Kamu sepatutnya lanjutkan pengecekan sensor CKP apakah masih baik ataupun rusak dalam perincian pengecekan apabila terjalin silinder misfiring.

    4. Mesin hendak susah dihidupkan

    Identitas sensor ckp rusak yang awal umumnya membuat mesin jadi susah dihidupkan. Crankshaft position sensor memiliki peranan berarti buat tahu status pojok serta kecepatan pemutaran dari crankshaft( kutub engkol).

    Bersama- sama dengan sebagian sensor serta spesifikasi yang lain, crankshaft postition sensor( CKP) ini memiliki kedudukan berarti spanjang proses starting mesin dilaksanakan. Kala sensor ckp ini rusak sebab itu proses buat hidupkan mesin jadi sulit sebab informasi yang dikirim oleh sensor ckp tidak dapat diolah oleh ECU.

    5. Mesin kerap mati secara mendadak

    Identitas sensor ckp rusak yang ke 2 ialah mesin sering mati secara tiba- tiba. Sensor ckp ini umumnya bekerja dengan memanfatkan mekanisme elektromagnetik. Sensor CKP terdiri dari belitan ataupun lilitan.

    Sembari selang waktu konsumsi, belitan- lilitan ini hendak hadapi kenaikan tahanan( hambatan) yang dipahami oleh temperatur/ temperatur disekitarnya.

    Apabila nilai tahanan sensor ckp ini bertambah sebab itu tegangan serta arus litrik didalmnya hendak terhalang, jadi kecil, Malahan pula tidak dapat mengucur. Dampaknya bisa membuat mesin jadi sering mati secara tiba- tiba.

    6. Kemudian Lampu check engine/ MIL nyala

    Identitas sensor ckp rusak yang ke 3 ialah lampu cek engine( Malfunction Indicator Lamp/ MIL) berpijar. Ya, sensor ckp selaku senor yang poisinya lumayan berarti buat ECU buat tentukan waktu pengapian serta injeksi bahan bakar.

    Kala sensor ckp ini natural kehancuran ataupun terjalin malafungsi yang teridentifikasi kerapkali oleh ECU sebab itu ECU hendak hidupkan lampu ciri cek engine dipanel dasbor sopir.

    7. Ada Akselerasi mesin tidak rata di seluruh perputaran mesin

    Identitas sensor ckp rusak yang keempat ialah akselerasi mesin jadi tidak rata di seluruh perputaran mesin. Rpm mesin bisa melalui metode tiba- tiba ketahan ataupun turun Kala dilaksanakan penekanan pedal gas secara penuh buat berakselerasi.

    Kala sensor ckp rusak sebab itu secara automatis ECU tidak bisa membaca berapakah kecepatan putar dari kutub engkol berikut tempatnya dimasing- masing silinder mesin. Menyebabkan hendak memiliki pengaruh di Kala akselerasi dilaksanakan.

    8. Pada Mesin bergetar

    Identitas sensor ckp rusak yang sehabis itu mesin bergetar Kala idling Malahan pula kerap terjalin misfiring sebentar setelah mesin di matikan. Ini dapat terjalin Kala informasi sensor ckp yang dibutuhkan oleh ECU terkadang terdapat terkadang sirna.

    Penjelasan ini merupakan ulasan menimpa Identitas sensor CKP rusak. Mudah- mudahan bisa menaikkan pengetahuan serta pengetahuan pembaca Pak Galingging. 
    David Sigalingging, S.Pd
    David Sigalingging, S.Pd Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Autominilab
    Post a Comment