Menganalisis Gejala Kerusakan Sistem Pengapian Konvensional
Jenis-Jenis Permasalahan/gangguan Pada Sistem Pengapian Konvensional
No | Gejala Kerusakan | Penyebab | Perbaikan |
1 | Mesin berputar normal tetapi tidak dapat distarter | Tidak ada tegangan pada sistem pengapian | Periksa baterai |
Sambungan primer tidak kuat | Bersihkan, kencangkan konektor | ||
Koil pengapian terputus atau korsleting | Periksa koil, ganti jika rusak | ||
2 | Mesin tidak dapat hidup (tidak ada percikan bunga api di busi) | Busi mati atau deposit berlebihan | Ganti busi atau bersihkan |
Kabel tegangan tinggi bocor | Ganti kabel tegangan tinggi | ||
Rotor tidak terpasang | Pasang rotor | ||
Urutan pengapian tidak benar | Perbaiki urutan pengapian | ||
Platina terganjal kotoran | Bersihkan kotoran pada platina | ||
Platina menutup terus atau membuka terus | Setel celah platina atau sudut Dwell. | ||
Koil mati | Ganti koil | ||
Kondensor mati | Ganti kondensor | ||
Konektor kabel lepas | Pasang konektor kabel yang lepas | ||
Kabel putus | Ganti/perbaiki kabel yang putus | ||
Kunci kontak rusak | Ganti kunci kontak | ||
3 | Terjadi ledakan diknalpot saat pedal gas dilepas | Kerja vacuum advancer kurang sempurna | Perbaiki mekanisme vacuum advancer. |
4 | Terjadi ledakan diknalpot saat pedal gas ditekan | Kerja centrifugal advancer kurang sempurna | Perbaiki mekanisme centrifugal advancer. |
5 | Terjadi ledakan diknalpot | Busi kotor | Bersihkan busi atau ganti busi |
Platina kotor | Bersihkan platina/bersihkan | ||
Saat pegapian terlalu mundur | Stel saat pengapian | ||
6 | Mesin tidak bertenaga dan suara mesin terasa kasar | Koil pengapian panas atau lemah | Ganti koil. Jika dalam keadaan darurat, kompress koil dengan kain basah, dan biarkan koil sampai dingin, lalu hidupkan mesin. |
7 | Mesin sulit hidup dan busi basah oleh bensin | Busi tidak cocok dengan spesifikasi mobil yang digunakan. | Periksa busi dengan pengukuran feeler gauge, raptkan celah busi dengan elektroda busi dengan ukuran 0,8 – 0,9 mm. |
Busi mati sehingga tidak terjadi loncatan bunga api. | Ganti busi
| ||
8 | Mesin sulit hidup (percikan api busi kecil). | Deposit (penumpukan kerak) dibusi berlebihan | Besihkan atau ganti busi |
Kabel tegangan tinggi bocor | Ganti kabel tegangan tinggi | ||
Tutup distributor kotor | Bersihkan terminal ditutup distributor | ||
Karbon ditutup distributor hilang | Pasang karbon atau ganti tutup distributor | ||
Tutup distributor retak | Ganti tutup distributor | ||
Urutan pengapian tidak benar | Perbaiki urutan pengapian | ||
Kontak platina kotor | Bersihkan kontak atau ganti | ||
Setelan celah platina tidak tepat | Setel celah platina atau sudut dwell. | ||
Saat pengapian tidak tepat | Setel saat pengapian | ||
Koil pengapian rusak | Ganti koil pengapian | ||
Kondensor rusak | Ganti kondensor | ||
Konektor kabel kotor | Bersihkan terminal konektor kabel | ||
9 | Busi cepat kotor | Pemakaian busi yang tidak tepat | Ganti busi dengan tingkat panas yang tepat |
Platina kotor | Bersihkan atau ganti platina | ||
Saat pengapian tidak tepat | Setel saat pengapian | ||
10 | Elektroda busi meleleh | Pemakaian tingkat busi yang terlalu panas | Ganti busi dengan tingkat panas yang tepat |
11 | Mesin terasa pincang dan tidak bertenaga | Kabel busi terlepas | Pasang kembali busi |
Kabel busi putus | Ganti kabel busi | ||
Isolasi kabel busi robek atau rusak | Jika darurat, gunakan isolasi listrik dan lilitkan pada kabel busi yang bocor. | ||
12 | Mesin hidup tapi tersendat-sendat | Busi rusak | Ganti busi dengan yang baru |
|
| Tutup distributor atau rotor cacat | Ganti |
|
| Kabel tegangan tinggi rusak | Ganti |
|
| Koil pengapian rusak | Ganti |
|
| Konektor jelek | Bersihkan dan kencangkan konektor |
|
| Kebocoran pada tegangan tinggi | Periksa tutup distributor, rotor, kabel tegangan tinggi. |
Media Pendukung:
https://youtu.be/DFRC8SxIdn0 |
Memperbaiki Sistem Pengapian Konvensional
- Pemeriksaan dan perbaikan baterai
- Pemeriksaan dan perbaikan sistem pengaman (fuse dan fusible link)
- Pemeriksaan dan perbaikan kunci kontak
- Pemeriksaan dan perbaikan koil pengapian
- Pemeriksaan dan perbaikan ballast resistor
- Pemeriksaan dan perbaikan distributor
- Pemeriksaan dan perbaikan bagian-bagian tegangan tinggi
- Pemeriksaan busi
0 Response to "Mendiagnosis Gejala Kerusakan Sistem Pengapian Konvensional"
Post a Comment
Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.